Fungsi Menu dan Icon
pada Microsoft Excel
Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007- Menu dan Ikon Microsoft
Excel 2007 ditampilkan dalam bentukRibbon. Ribbon adalah
kontrol baru yang mengganti penggunaan menu dan toolbar pada MS Excel versi
terdahulu.
Secara default, ribbon menampilkan tujuh
halaman tab. Berikut ini penjelasan setiap tab tersebut.
Fungsi Menu dan Icon
tab Home
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol
untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen yang sedang dikerjakan.
GROUP CLIPBOARD
ICON
|
FUNGSI
|
Paste
|
Menempelkan
hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
|
Cut
|
Memindahkan
bagian yang ditandai ke clipboard
|
Copy
|
Menyalin
ke clipboard
|
Format
Painter
|
Melakukan copy
format
|
GROUP FONT
ICON
|
FUNGSI
|
Font
|
Mengganti
jenis huruf
|
Font
Size
|
Mengatur
ukuran huruf
|
Increase/Decrease
Font Size
|
Menaikkan
dan menurunkan ukuran font satu tingkat
|
Bold,
Italic, Underline
|
Menebalkan,
memiringkan, menggarisbawahi teks
|
Bottom
Border
|
Membuat
garis bingkai sel
|
Fill
Color
|
Mewarnai
sel
|
Font
color
|
Mewarnai
huruf
|
GROUP ALIGNMENT
ICON
|
FUNGSI
|
Top
Align, Middle Align, Bottom Align
|
Menjadikan
data sel menepi ke bagian atas,del, tengah-tengah sel, dank e bawah sel
|
Orientation
|
Mengubah
kemiringan teks
|
Align
Text Left
|
Mengatur
teks rata kiri
|
Center
|
Mengatur
teks rata tengah
|
Align
Text Right
|
Mengatur
teks rata kanan
|
Decrease
Indent
|
Menggeser
baris kedua paragraf ke kiri
|
Increase
Indent
|
Menggeser
baris kedua paragraf ke kanan
|
Wrap
Text
|
Mengatur
distribusi text
|
Merge
And Center
|
Menggabungkan
beberapa sel terpilih dan meletakkan text di dalamnya dibagian tengah sel
|
GROUP NUMBER
ICON
|
FUNGSI
|
Number
Format
|
Mengatur
format tertentu pada data jenis numeric yang terdapat dalam sel
|
Accounting
Number Format
|
Mengatur
format harga
|
Percent
Style
|
Format
angka persen
|
Comma
Style
|
Mengubah
nilai koma ribuan
|
Increase/Decrease
Decimal
|
Menambah
dan mengurangi nilai desimal
|
GROUP STYLE
ICON
|
FUNGSI
|
Conditional
Formatting
|
Melakukan
format terkondisi
|
Format
As Table
|
Membuat
format tabel cepat
|
Cell
Styles
|
Membuat
format sel secara cepat
|
GROUP CELLS
ICON
|
FUNGSI
|
Insert
cells
|
Memasukkan
sel baru
|
Delete
cells
|
Menghapus
sel
|
Format
|
Melakukan
format sel
|
GROUP EDITING
ICON
|
FUNGSI
|
Sum
|
Melakukan
penghitungan
|
Fill
|
Membuat
pola angka secara kontinu
|
Clear
|
Menghapus
semuanya dari sel, nilai, hingga forma
|
Sort
and filter
|
Mengatur
data agar mudah dianalisis
|
Find
and select
|
Mencari
dan menyeleksi teks dalam lembar kerja
|
Fungsi Menu dan Icon
tab Insert
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk menyisipkan
objek-objek ke dalam naskah, seperti Picture(gambar), Clip
Art (seni klip), Chart (grafik/diagram), dan Tabe.
GROUP TABLES
ICON
|
FUNGSI
|
Insert
Pivot Table
|
Memasukkan
tabel pivot
|
Table
|
Memasukkan
tabe
|
GROUP ILLUSTRATIONS
ICON
|
FUNGSI
|
Insert
Picture From File
|
Menambahkan
gambar pada worksheet
|
Clip
Art
|
Menambahkan
gambar clipart pada worksheet
|
Shapes
|
Menambahkan
gambar bentuk tertentu
|
Insert
Smartart Graphic
|
Memasukkan
objek smartart
|
GROUP CHARTS
ICON
|
FUNGSI
|
Column
|
Memasukkan
grafik kolom
|
Line
|
Memasukkan
grafik garis
|
Pie
|
Memasukkan
grafik pie
|
Bar
|
Memasukkan
grafik batang
|
Area
|
Memasukkan
grafik area
|
Scatter
|
Memasukkan
grafik distribus
|
Other
Charts
|
Memasukkan
grafik lainnya
|
GROUP LINKS
ICON
|
FUNGSI
|
Insert
Hyperlink
|
Memasukkan hyperlink pada worksheet
|
GROUP TEXT
ICON
|
FUNGSI
|
Text
Box
|
Memasukkan
kotak teks
|
Header
And Footer
|
Memasukkan header dan footer
|
WordArt
|
Memasukkan
teks dekoratif
|
Signature
Line
|
Memasukkan
garis tanda tangan
|
Insert
Object
|
Memasukkan
objek
|
Symbol
|
Memasukkan
simbol
|
Fungsi Menu dan Icon
tab Page Layout
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur
tampilan kertas dari naskah yang sedang dikerjakan, seperti mengatur Margins (batas
awal dan batas akhir pencetakan kertas), Orientation (posisi
pencetakan kertas, tegak atau mendatar), Size (ukuran kertas
yang akan digunakan), Columns (tampilan bentuk kolom), dan
sebagainya.
GROUP THEMES
ICON
|
FUNGSI
|
Themes
|
Mengubah
tema tampilan excel
|
Theme
Colors
|
Mengubah
warna tema
|
Theme
Fonts
|
Mengubah
jenis font tema
|
Theme
Effects
|
Mengubah
efek tema
|
GROUP PAGE SETUP
ICON
|
FUNGSI
|
|
Margin
|
Mengubah
margin halaman
|
|
Page
Orientation
|
Mengubah
orientasi halaman
|
|
Page
Size
|
Mengubah
ukuran kertas
|
|
Print
Area
|
Menentukan
area tertentu untuk proses cetak
|
|
Breaks
|
Menentukan
pemisah halaman
|
|
Background
|
Menentukan
gambar untuk latar
|
|
Print
Titles
|
Menentukan
baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman
|
|
GROUP SCALE TO FIT
ICON
|
FUNGSI
|
Width
|
Menentukan
lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
|
Height
|
Menentukan
tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
|
scale
|
Menentukan
tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
|
GROUP SHEET OPTIONS
ICON
|
FUNGSI
|
|
View
Gridlines
|
Mengatur
tampilan garis grid pada layar
|
|
Print
Gridlines
|
Mengatur
tampilan garis grid pada hasil cetakan
|
|
View
Headings
|
Mengatur
tampilan header pada layar
|
|
Print
Headings
|
Mengatur
tampilan header pada hasil cetakan
|
|
GROUP ARRANGE
ICON
|
FUNGSI
|
|
Bring
To Front
|
Objek
ke depan
|
|
Send
To Back
|
Objek
ke belakang
|
|
Selection
Pane
|
Memperlihatkan
panel seleksi objek
|
|
Align
|
Meluruskan
objek
|
|
Group
|
Mengelompokkan
objek
|
|
Rotate
|
Melakukan
rotasi objek
|
|
Fungsi Menu dan Icon
tab Formulas
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengolah
dokumen dengan formula-formula yang telah disediakan oleh Microsoft Excel.
GROUP FUNCTION LIBRARY
ICON
|
FUNGSI
|
Insert
Function
|
Memasukkan
fungsi formula
|
Sum
|
Melakukan
penghitungan cepat
|
Recently
Used
|
Memasukkan
fungsi yang pernah digunakan
|
Financial
|
Memasukkan
fungsi keuangan
|
Logical
|
Memasukkan
fungsi logik
|
Text
Function
|
Memasukkan
fungsi teks
|
Date
And Time
|
Memasukkan
fungsi waktu
|
Lookup
And Reference
|
Memasukkan
fungsi lookup dan referensi
|
Math
And Trig
|
|
More
Function
|
Memasukkan
Fungsi Lainnya
|
GROUP DEFINED NAMES
ICON
|
FUNGSI
|
Name
Manager
|
Membuat,
mengubah, dan mencari nama yang digunakan
dalam workbook |
Define
Name
|
Memberikan
nama bagi sel
|
Use
In Formula
|
Memilih
nama yang digunakan pada workbook dan
menggunakannya pada formula |
Create
From Selection
|
Membuat
nama sel secara otomatis
|
GROUP FORMULA AUDITING
ICON
|
FUNGSI
|
Trace
Precedents
|
Memperlihatkan
panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
|
Trace
Dependents
|
Memperlihatkan
panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
|
Remove
All Arrows
|
Menghilangkan
panas yang dibuat oleh tracer
|
Show
Formulas
|
Memperlihatkan
formula setiap sel
|
Error
Checking
|
Memeriksa
formula yang salah
|
Evaluate
Formula
|
Memperlihatkan
kotak dialog evaluasi formula
|
Wacth
Window
|
Mengawasi
nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan
pada lembar kerja |
GROUP CALCULATION
ICON
|
FUNGSI
|
Calculation
Options
|
Menentukan
kapan kalkulasi dilakukan
|
Calculate
Now
|
Melakukan
kalkuasi semua workbook sekarang
|
Calculate
Sheet
|
Melakukan
kalkulasi sheet sekarang
|
Fungsi Menu dan Icon
tab Data
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk pengolahan
data, seperti mengkoneksikan dengan file-filedatabase lain,
memfilter data, mengurutkan data (sorting) dan sebagainya.
GROUP GET EXTERNAL DATA
ICON
|
FUNGSI
|
Get
External Data From Access
|
Memasukkan
data dariMS Access
|
Get
External Data From Web
|
Memasukkan
data dari web
|
Get
External Datafrom Text
|
Memasukkan
data dari teks
|
Get
External Datafrom Other Sources
|
Memasukkan
data dari sumber lain
|
Get
External Data Using An Existing Connections
|
Memasukkan
data dari sumber yang pernah digunakan
|
GROUP CONNECTIONS
ICON
|
FUNGSI
|
Refresh
All
|
Menyegarkan
kembali data yang diambil dari sumber
|
Connections
|
Memperlihatkan
semua koneksi data pada workbook
|
Data
Range Properties
|
Melakukan
spesifikasi koneksi data pada workbook
|
Edit
Links
|
Mengatur
koneksi data dari file lain
|
GROUP SORT AND FILTER
ICON
|
FUNGSI
|
Sort
A To Z
|
Mengurutkan
data dari yang terkecil ke terbesar
|
Sort
Z To A
|
Mengurutkan
data dari yang terbesar ke terkecil
|
Sort
|
Memunculkan
kotak dialog pengurutan
|
Filter
|
Melakukan
penyaringan terhadap sel
|
Clear
|
Menghapus
penyaringan pada sel
|
Reapply
|
Melakukan
kembali penyaringan
|
Advanced
|
Melakukan
penyaringan spesifik
|
GROUP DATA TOOLS
ICON
|
FUNGSI
|
Text
To Columns
|
Memisahkan
isi sel menjadi beberapa kolom
|
Remove
Duplicates
|
Menghilangkan
baris terduplikasi
|
Data
Validation
|
Mencegah
data yang tidak valid masuk ke sel
|
Consolidate
|
Menyatukan
nilai beberapa range ke dalam satu range
|
What-If
Analysis
|
Mencoba
beberapa nilai pada formula
|
GROUP OUTLINE
ICON
|
FUNGSI
|
Group
|
Mengelompokkan
baris sel sehingga mereka dapat memendek dan memanjang
|
Ungroup
|
Memisahkan
sel yang mengelompok
|
Subtotal
|
Menghitung
total beberapa baris data yang berhubungan
|
Show
Detail
|
|
Hide
Detail
|
Fungsi Menu dan Icon
tab Review
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji
ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa,
menyematkan komentar, dan sebagainya.
GROUP PROOFING
ICON
|
FUNGSI
|
Speelling
|
Memeriksa
ejaan teks
|
Research
|
Membuka
panel penelitian referensi
|
Thesaurus
|
Saran
kata yang sepadan
|
Translate
|
Menerjemahkan
kata ke bahasa lain
|
GROUP COMMENTS
ICON
|
FUNGSI
|
New
Comment
|
Memasukkan
komentar baru
|
Delete
Comment
|
Menghapus
komentar
|
Previous
|
Memperlihatkan
komentar sebelumnya
|
Next
|
Memperlihatkan
komentar selanjutnya
|
Show/Hide
Comment
|
Memperlihatkan
atau menyembunyikan komentar
|
Show
All Comments
|
Perlihatkan
semua komentar
|
Show
Ink
|
Perlihatkan
semua komentar
|
GROUP CHANGES
ICON
|
FUNGSI
|
Protect
Sheet
|
Melindungi
lembar kerja
|
Protect
Workbook
|
Melindungi
buku kerja
|
Share
Workbook
|
Berbagi
buku kerja
|
Protect
And Share Workbook
|
Melindungi
dan berbagi buku kerja
|
Allow
Users To Edit Ranges
|
Memperbolehkan
pengguna mengubah data
|
Track
Changes
|
Menelusuri
perubahan yang terjadi pada dokumen
|
Fungsi Menu dan Icon
tab View
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol
untuk mengatur tampilan dari aplikasi, seperti menentukan bentuk tampilan
halaman, pengaturan perbesaran (zoom) tampilan, membuat macro,
mengatur jendela-jendela yang ditampilkan, dan sebagainya.
GROUP WORKBOOK VIEWS
ICON
|
FUNGSI
|
Normal
View
|
Melihat
dokumen secara normal
|
Pge
Layout View
|
Melihat
dokumen sesuai hasil cetak
|
Page
Break Preview
|
Melihat
tampilan dokumen beserta pemotongan setiap halaman
|
Custom
Views
|
Menyimpan
seting tampilan dan hasil cetak
|
Full
Sreen View
|
Melihat
dokumen dalam mode layar penuh
|
GROUP SHOW/HIDE
ICON
|
FUNGSI
|
Ruler
|
Memperlihatkan
penggaris
|
View
Gridlines
|
Memperlihatkan
garis kisi
|
Message
Bar
|
Memperlihatkan
batang pesan
|
Formula
Bar
|
Memperlihatkan
batang formula
|
View
Headings
|
Memperlihatkan
heading
|
GROUP ZOOM
ICON
|
FUNGSI
|
Zoom
|
Memperbesar
tampilan
|
100%
|
Besar
tampilan 100%
|
Zoom
To Selection
|
Memperbesar
tampilan sesuai bidang seleksi
|
GROUP WINDOW
ICON
|
FUNGSI
|
New
Window
|
Membuka
jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
|
Arrange
All
|
Mengatur
semua jendela program sejajar berdampingan
|
Freeze
Panes
|
Membuat
sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
|
Split
|
Membagi
jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkanlembar kerja Anda |
Hide
Window
|
Menyembunyikan
jendela terseleksi
|
Unhide
Window
|
Memunculkan
jendela tersembunyi
|
View
Slide By Slide
|
Memperlihatkan
jendela berdampingan
|
Synchrinius
Scrolling
|
Membuat
dua jendela menggulung bersamaan
|
Reset
Window Position
|
Menset
ulang posisi jendela berdampingan
|
Save
Worspace
|
Menyimpan
pengaturan tampilan jendela sehinggadapat
dibuka kembali dengan tampilan yang sama |
Switch
Windows
|
Berganti
jendela yang aktif
|
GROUP MACROS
ICON
|
FUNGSI
|
View
Macros
|
Memperlihatkan
macro dokumen
|
Nama dan fungsi Microsoft Word
A. Quick Access
Toolbar
Cara menambahkan icon pada Quick Access Toolbar adalah :
1) Klik tombol panah menghadap kebawah yang terdapat disebelah kanan Quick Access Toolbar
2) Klik More Command sehingga muncul tampilan.
3) Pilih icon yang mau ditambahkan ke Quick Access Toolbar
4) Klik Add > klik tombol OK
Cara menambahkan icon pada Quick Access Toolbar adalah :
1) Klik tombol panah menghadap kebawah yang terdapat disebelah kanan Quick Access Toolbar
2) Klik More Command sehingga muncul tampilan.
3) Pilih icon yang mau ditambahkan ke Quick Access Toolbar
4) Klik Add > klik tombol OK
B. Office Button
Icon-icon pada office button hampir sama dengan icon pada Quick Access Toolbar, yaitu new, open, save, save as, print, prepare, send, publis dan close.
Icon-icon pada office button hampir sama dengan icon pada Quick Access Toolbar, yaitu new, open, save, save as, print, prepare, send, publis dan close.
Menu-menu yang ada di Office Button antara lain :
Dalam Tombol Office Button terdapat perintah-perintah, antara lain :
New : Membuka dokumen atau lembar kerja baru.
Open : Membuka file/dokumen yang telah ada atau disimpan.
Convert : Mengkonversi file yang dibuka ke dalam format MS Word 2010.
Save : Menyimpan file.
Save As : Menyimpan file yang telah diketik dengan memberi nama file baru
Print : Mencetak file/dokumen melalui printer
Prepare : Menyiapkan file/dokumen yang dibuat untuk di distribusikan dengan member property, member metadata, menambah tanda tangan digital dan sebaginya
Send : Mengirimkan file yang dibuat lewat E mail maupun fax internet
Publish : Mempublikasikan file yang dibuka pada web, blog, server pada jaringan
Close : Menutup file yang sudah di buka
Dalam Tombol Office Button terdapat perintah-perintah, antara lain :
New : Membuka dokumen atau lembar kerja baru.
Open : Membuka file/dokumen yang telah ada atau disimpan.
Convert : Mengkonversi file yang dibuka ke dalam format MS Word 2010.
Save : Menyimpan file.
Save As : Menyimpan file yang telah diketik dengan memberi nama file baru
Print : Mencetak file/dokumen melalui printer
Prepare : Menyiapkan file/dokumen yang dibuat untuk di distribusikan dengan member property, member metadata, menambah tanda tangan digital dan sebaginya
Send : Mengirimkan file yang dibuat lewat E mail maupun fax internet
Publish : Mempublikasikan file yang dibuka pada web, blog, server pada jaringan
Close : Menutup file yang sudah di buka
C. Tab Ribbon
Pada Microsoft Word terdapat 2 macam Tab yaitu :
a. Standar Tab
Dalam standar tab terdiri dari tab Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review dan View.
1) Tab Home
Untuk Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab home berisi daftar perintah untuk mengedit naskah, menyunting dan memformat tampilan teks. Tab home terdiri dari group yaitu :
a) Group Clipboard
Group ini terdiri dari copy, paste, cut dan format painter. Group ini berfungsi untuk mengkopi atau menyalin suatu object ke dalam dokumen lain serta membuang (meng-cut) suatu objek yang tidak diperlukan dari suatu dokumen dan memindahkanya ke dokumen lain.
b) Group Font
Berisi perintah untuk memformat tampilan huruf pada dokumen. Perintah didalamnya yaitu font, font size, Bold, italic, underline, subscript, superscript, font color, change case. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari font dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group font.
c) Group Paragraph
Group paragraph digunakan untuk memformat tampilan teks pada dokumen. Icon didalamnya antara lain, bullets, numbering, align left, align righy, centre, justify, line spacing, Border, sort data,shading, increase indent, decrease indent. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari paragraph dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group paragraph
d) Group Styles
Styles merupakan kumpulan format khusus yang diberi nama dan disimpan.
e) Group Editing
Fungsi group editing antara lain mencari dan mengganti kata tertentu yang kita anggap tidak tepat pada suatu teks dokumen
Tab Insert
Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab insert berisi perintah yang digunakan untuk menyisipkan table, shapes, gambar, grafik dan perintah untuk membuat tampilan teks dalam berbagai model variasi. Tab Insert terdiri dari group :
a) Group Page untuk membuat cover halaman dokumen yang formatnya dapat kita pilih sendiri
b) Groip tables berfungsi untuk menyisipkan table dalam dokumen yang sedang kita kerjakan.
c) Group Illustration berfungsi untuk menyisipkan gambar, shapes, clipart, chart dll
d) Group Links berfungsi untuk menyisipkan hyperlink, yaitu menghubungakan dokumen kita ke dokumen lain.
e) Group Header and Footer untuk membuat header, footer dan nomor halaman, berisi icon header, footer, page number
f) Group Text untuk membuat text artisik (wordart), membuat kotak teks (text box), menyisipkan bagian-bagian penting dari dokumen seperti judul dan nama penulis, menyisipkan tanda tangan, membuat drop Cap, dll.
g) Group Symbols untuk menyisipkan karakter (symbol ) dan rumus matematika
Tab Page Layout
Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab ini berisi group-group yang mempunyai fungsi masing-masing seperti mengatur desain dokumen seperti warna, jenis huruf, efek, mengatur batas kertas seperti ukuran margin, orientation halaman, ukuran halaman kertas, bentuk kolom Koran, background halaman, paragraph, spasi dan sebagainya. Dalam Tab Page Lay Out terdiri atas group :
a) Group Themes berfungsi untuk mengatur atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan seprti warna, jenis huruf dan efek, sehingga tampilan dokumen lebih menarik.
b) Group Page set up untuk pengaturan kertas dan halaman icon-iconnya antara lain margins, orientation, size columns dll
c) Group Page Background berfungsi untuk menyisipkan teks bayangan sebagai background halaman (watermack), memilih warna page color, page borders
d) Group Paragraph untuk pengaturan indent dan spacing
e) Group Arrange digunakan untuk pengaturan layout object / picture dalam dokumen kita
Tab References
Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi memberikan informasi-informasi tambahan dapat disipkan dalam dokumen seperti membuat daftar isi ( table of content ), footnote dll. Tab References terdiri dari Group
a) Group Table of contents
Group ini berfungsi membuat daftar isi secara otomatis. Dan kita dapat menambah teks dan memperbaharui daftar isi melalui Add Text dan Update table
b) Group Footnotes
Group ini berfungsi untuk membuat catatan kaki (Insert Footnote) dan catatan akhir (Insert Endnote), mencari catatan isi footnote dan endnote (Next Footnote) dan melihat isi footnote dan endnote (Show Notes)
c) Group Citations & bibliography
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber pustaka/kutipan. Untuk menyusun pustaka (Manage Source) dan untuk membuat model daftar pustaka secara otomatis (Binliography)
d) Group Captions
Group ini berfungsi untuk membuat dan menempatkan keterangan gambar dan table yang kita buat dalam dokumen.
e) Group Index berfungsi
Group ini berfungsi untuk menyisipkan daftar indexs atau kata-kata penting dalam dokumen.
f) Group Table of authorities
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber kutipan infomasi dalam suatu bagian dokumen yang kita buat.
1) Tab Mailings
Untuk mengaktifkan Menu Mailings, coba anda klik tab Menu Mailings pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab Mailling berfungsi untuk membuat suatu dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak atau didistribusikan secara masal dengan format yang sama namun ada beberapa bagian dari dokumen tersebut yang berbeda misalnya format surat yang ditujukan ke lamat atau nama yang berbeda. Dalam ribbon ini berisi icon-icon untuk membuat mailmerge dan membuat alamat diamplop. Tab Mailings terdiri atas group :
a) Group Create
Group ini berfungsi untuk membuat label dan amplop
b) Group Start Mail Merge
Group ini berfungsi untuk membuat mail marge dari satu tahap ke tahapan selanjutnya
c) Group Write & Insert Fields
Group ini berfungsi untuk menulis dan menyisipkan field atau data dalam sebuah mailmerge
d) Group Priview Results
Group ini berfungsi untuk menampilkan hasil dari mailmerge yang telah di buat
e) Group Finish
Group ini berfungsi untuk mengakhiri proses pembuatan mailmerge
2) Tab Review
Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi mereview atau mengevaluasi kembali isi dokumen yang kita buat
3) Tab ViewPada Microsoft Word terdapat 2 macam Tab yaitu :
a. Standar Tab
Dalam standar tab terdiri dari tab Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review dan View.
1) Tab Home
Untuk Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab home berisi daftar perintah untuk mengedit naskah, menyunting dan memformat tampilan teks. Tab home terdiri dari group yaitu :
a) Group Clipboard
Group ini terdiri dari copy, paste, cut dan format painter. Group ini berfungsi untuk mengkopi atau menyalin suatu object ke dalam dokumen lain serta membuang (meng-cut) suatu objek yang tidak diperlukan dari suatu dokumen dan memindahkanya ke dokumen lain.
b) Group Font
Berisi perintah untuk memformat tampilan huruf pada dokumen. Perintah didalamnya yaitu font, font size, Bold, italic, underline, subscript, superscript, font color, change case. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari font dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group font.
c) Group Paragraph
Group paragraph digunakan untuk memformat tampilan teks pada dokumen. Icon didalamnya antara lain, bullets, numbering, align left, align righy, centre, justify, line spacing, Border, sort data,shading, increase indent, decrease indent. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari paragraph dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group paragraph
d) Group Styles
Styles merupakan kumpulan format khusus yang diberi nama dan disimpan.
e) Group Editing
Fungsi group editing antara lain mencari dan mengganti kata tertentu yang kita anggap tidak tepat pada suatu teks dokumen
Tab Insert
Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab insert berisi perintah yang digunakan untuk menyisipkan table, shapes, gambar, grafik dan perintah untuk membuat tampilan teks dalam berbagai model variasi. Tab Insert terdiri dari group :
a) Group Page untuk membuat cover halaman dokumen yang formatnya dapat kita pilih sendiri
b) Groip tables berfungsi untuk menyisipkan table dalam dokumen yang sedang kita kerjakan.
c) Group Illustration berfungsi untuk menyisipkan gambar, shapes, clipart, chart dll
d) Group Links berfungsi untuk menyisipkan hyperlink, yaitu menghubungakan dokumen kita ke dokumen lain.
e) Group Header and Footer untuk membuat header, footer dan nomor halaman, berisi icon header, footer, page number
f) Group Text untuk membuat text artisik (wordart), membuat kotak teks (text box), menyisipkan bagian-bagian penting dari dokumen seperti judul dan nama penulis, menyisipkan tanda tangan, membuat drop Cap, dll.
g) Group Symbols untuk menyisipkan karakter (symbol ) dan rumus matematika
Tab Page Layout
Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab ini berisi group-group yang mempunyai fungsi masing-masing seperti mengatur desain dokumen seperti warna, jenis huruf, efek, mengatur batas kertas seperti ukuran margin, orientation halaman, ukuran halaman kertas, bentuk kolom Koran, background halaman, paragraph, spasi dan sebagainya. Dalam Tab Page Lay Out terdiri atas group :
a) Group Themes berfungsi untuk mengatur atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan seprti warna, jenis huruf dan efek, sehingga tampilan dokumen lebih menarik.
b) Group Page set up untuk pengaturan kertas dan halaman icon-iconnya antara lain margins, orientation, size columns dll
c) Group Page Background berfungsi untuk menyisipkan teks bayangan sebagai background halaman (watermack), memilih warna page color, page borders
d) Group Paragraph untuk pengaturan indent dan spacing
e) Group Arrange digunakan untuk pengaturan layout object / picture dalam dokumen kita
Tab References
Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi memberikan informasi-informasi tambahan dapat disipkan dalam dokumen seperti membuat daftar isi ( table of content ), footnote dll. Tab References terdiri dari Group
a) Group Table of contents
Group ini berfungsi membuat daftar isi secara otomatis. Dan kita dapat menambah teks dan memperbaharui daftar isi melalui Add Text dan Update table
b) Group Footnotes
Group ini berfungsi untuk membuat catatan kaki (Insert Footnote) dan catatan akhir (Insert Endnote), mencari catatan isi footnote dan endnote (Next Footnote) dan melihat isi footnote dan endnote (Show Notes)
c) Group Citations & bibliography
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber pustaka/kutipan. Untuk menyusun pustaka (Manage Source) dan untuk membuat model daftar pustaka secara otomatis (Binliography)
d) Group Captions
Group ini berfungsi untuk membuat dan menempatkan keterangan gambar dan table yang kita buat dalam dokumen.
e) Group Index berfungsi
Group ini berfungsi untuk menyisipkan daftar indexs atau kata-kata penting dalam dokumen.
f) Group Table of authorities
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber kutipan infomasi dalam suatu bagian dokumen yang kita buat.
1) Tab Mailings
Untuk mengaktifkan Menu Mailings, coba anda klik tab Menu Mailings pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab Mailling berfungsi untuk membuat suatu dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak atau didistribusikan secara masal dengan format yang sama namun ada beberapa bagian dari dokumen tersebut yang berbeda misalnya format surat yang ditujukan ke lamat atau nama yang berbeda. Dalam ribbon ini berisi icon-icon untuk membuat mailmerge dan membuat alamat diamplop. Tab Mailings terdiri atas group :
a) Group Create
Group ini berfungsi untuk membuat label dan amplop
b) Group Start Mail Merge
Group ini berfungsi untuk membuat mail marge dari satu tahap ke tahapan selanjutnya
c) Group Write & Insert Fields
Group ini berfungsi untuk menulis dan menyisipkan field atau data dalam sebuah mailmerge
d) Group Priview Results
Group ini berfungsi untuk menampilkan hasil dari mailmerge yang telah di buat
e) Group Finish
Group ini berfungsi untuk mengakhiri proses pembuatan mailmerge
2) Tab Review
Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi mereview atau mengevaluasi kembali isi dokumen yang kita buat
Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu ini kita gunakan untuk mengatur tampilan halaman dokumen pada lembar kerja Microsoft Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar